diposkan pada : 11-12-2020 18:00:33

Saat menggunakan AC rumah, jangan lupa untuk merawatnya secara rutin. Sebab bila AC tidak dirawat secara rutin dan hati-hati akan terlihat tidak enak dan menjadi tempat penyebaran penyakit. AC yang kotor dapat menyimpan berbagai virus dan bakteri yang terus menyebar ke seluruh ruangan. Itu juga memasuki bau penduduk. Akibatnya, penghuninya akan mengalami nyeri atau infeksi berulang. Perawatan berikut ini harus dilakukan agar AC bekerja secara maksimal dan bertahan lama.

Jangan lupa matikan ACnya

Saat bepergian atau berada di ruang yang tidak digunakan, jangan lupa matikan AC. Jika udara tidak terlalu panas, coba matikan sekitar satu atau dua jam sehari. Jika perlu, gunakan reminder atau timer yang terdapat pada struktur AC. Saat AC mati, buka lebar jendela dan pintu agar terjadi pergantian udara.

Bersihkan AC secara rutin

Periksa komponen filter AC minimal sebulan sekali. Filter udara yang kotor akan menghambat sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri, dan jamur. Bakteri inilah yang akan mengalir ke kumparan evaporator (kumparan evaporator) kemudian menyebar ke seberang ruangan lagi. Komponen AC yang kotor dapat mempengaruhi kinerja sistem pendingin yang semakin parah, sehingga tidak menghasilkan dingin yang maksimal dan boros.

Selektif digunakan

Minimalkan potensi masalah kesehatan dengan menggunakan AC selektif mungkin. Sebab jika ada anggota keluarga yang sakit di satu ruangan, dibantu virus dan bakteri bisa menyebar lewat udara. Jadi bila ada anggota keluarga yang sakit flu, misalnya, usahakan seminimal mungkin menggunakan AC. Nasihat ini juga berlaku jika ada anggota keluarga yang telah merokok di dalam kamar atau saat bagian tengah ruangan dan furnitur sudah dibersihkan.